Selamat Datang Di Situs Resmi Pengadilan Agama Manna. Pengadilan Agama Manna Siap Memberikan Pelayanan yang Terbaik Sesuai dengan Standar yang Ditetapkan.

Seputar Peradilan

Koordinasi dan Sosialisasi Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)

Sosialisasi SIPP

www.pa-manna.go.id | Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pencari keadilan secara maksimal, validasi dan akurasi data pada Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) diperlukan dan menjadi sangat penting.  Maka dari itu Direktorat Jendral Badan Peradilan Agama telah mengeluarkan pedoman penilaian SIPP dan terus melakukan review atas pedoman tersebut untuk meraih objektifitas dan proporsionalitas. Hal ini salah satunya bertujuan untuk membangun dan meningkatkan profesionalitas dan kinerja aparatur pengadilan di lingkungan peradilan agama.

Pengadilan Agama Manna mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi evaluasi kinerja SIPP  hari ini pada tanggal 23 April 2024 di Ruang Media Center Pengadilan Agama Manna. Rapat tersebut dihadiri Ketua Pengadilan Agama, Wakil Ketua Pengadilan Agama, Hakim Pengadilan Agama, seluruh Pejabat dan staf bagian Kepaniteraan. Adapun hal yang dibahas dalam rapat yaitu mengenai perubahan sistem penilaian pada kinerja SIPP. Kriteria penilaian pada pengadilan tingkat pertama maupun pengadilan tingkat banding meliputi :

1. Kinerja Penanganan Perkara (50%)

Dinilai berdasarkan data pada SIPP Mahkamah Agung RI, yang meliputi beberapa unsur yaitu : waktu putus perkara, waktu minutasi berkas perkara dan waktu publikasi putusan (waktu upload/unggah putusan) yang diunggah ke SIPP dan atau ke Direktori Putusan;

2. Kepatuhan Pengisian data SIPP sebagai Register Elektronik (e-register) (50%)

Unsur-unsur penilaian kepatuhan pengisian data perkara pada SIPP yaitu: input data (40%) dan kelengkapan dokumen (10%). Selain itu terdapat pengurangan -10% apabila sidang terakhir tidak sesuai dengan agenda, sinkronisasi tidak dilakukan tiap hari, pengiriman panggilan delegasi, status putus perkara tidak sesuai dengan proses persidangan dan validasi data perkara. 

Sosialisasi SIPP 1

Hal tersebut ditekankan dalam rapat kepaniteraan, pada proses kepatuhan agar menginput data sesuai dengan akun yang bersangkutan. Diharapkan dengan adanya penilaian SIPP terbaru ini dapat meningkatkan kualitas kinerja, penyediaan data kinerja organisasi yang akurat, mendorong kinerja organisasi semakin meningkat dan tidak lupa kualitas pelayanan yang semakin baik dan lebih meningkat. (bunny)